MISTERI DUNIA LAIN

MISTERI DUNIA LAIN

Minggu, 24 Desember 2017

SEREM SEJARAH PINTU AIR JAGIR


Sejarah dan Mitos Pintu Air Tua Di Surabaya Selatan

SEJARAH PINTU AIR JAGIR
PINTU AIR JAGIR
 MISTERI DUNIA LAIN - Wonokromo, Surabaya - Surabaya merupakan kota yang mempunyai beberapa aliran sungai seperi sungai Brantas, Kalimas, dan beberapa anak sungai. Maka dari itu terdapat empat pintu air yang mengatur arus perairan di dalam kota antara lain, pintu air Gunungsari, Jagir, Wonokromo, dan Gubeng. Keberadaan empat pintu air ini sudah ada sejak zaman kolonialisme Belanda.

Dari keempat pintu air di Surabaya terdapat dua pintu air yang berada di Surabaya bagian Selatan dan dikelola oleh Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta 1 yaitu pintu air Jagir dan pintu air Wonokromo.



  • SEJARAH PINTU AIR JAGIR
SEJARAH PINTU AIR JAGIR
PINTU AIR JAGIR PADA SAAT MALAM HARI
Pintu Air Jagir dibangun pada tahun 1917 pada saat masa pemerintahan Belanda. Tujuan dibangun untuk mengantisipasi banjir dan membatasi masuknya air ke Surabaya.

Di balik  megahnya pintu air Jagir, para sejarawan berpendapat ketika pasukan Tar-Tar yang merupakan bala tentara Raja Kubilai Khan dari Kerajaan Mongolia hendak menyerang Kediri. Di sekitar pintu air inilah kapal-kapal perang tentara Tar-Tar bersauh sebelum menghancurkan Kerajaan Kediri.

Kerajaan Kediri kala itu diperintah oleh Prabu Jayakatwang. Perasaan dendam kesumat dan sakit hati yang begitu mendalam Raja Kubilai Khan terhadap Kertanegara belum terbalaskan. Lalu dilakukanlah penyerangan kembali ke Jawa. Sejarah sudah berubah. Kertanegara yang merupakan raja terakhir Kerajaan Singosari itu jauh-jauh hari sebelum kedatangan bala tentara Tar-Tar ternyata sudah tewas ditangan Jayakatwang. Sementara Kubilai Khan mengira Kertanegara masih hidup.


Pertempuran pasukan Tar-Tar dengan Jayakatwang dari Kediri tak terelakkan lagi hingga akhirnya Jayakatwang tewas. Dalam pertempuran itu bala tentara Tar-Tar kehilangan banyak pasukan. Kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Raden Wijaya dengan bantuan Arya Wiraraja dari Madura untuk balik menggempur pasukan Tar-Tar yang sudah kocar-kacir itu.


Akhirnya pasukan Tar-Tar dipukul mundur dan sebagian lagi diusir kembali ke negaranya. Maka kemudian berdirilah Kerajaan Majapahit dengan Raden Wijaya sebagai raja pertamanya.

  • SEJARAH PINTU AIR JAGIR WONOKROMO
Pintu air Wonokromo semula terdiri dari dua bentang, yaitu pintu stoplock dan jalur pelayaran. Setiap pintunya ini dibangun pada tahun 1917 yang terletak pada hulu Kalimas, diantara percabangan Kalimas dan Kali Wonokromo Surabaya.

SEREM SEJARAH PINTU AIR JAGIR

Pintu air ini dibangun dengan tujuan untuk mengatur debit banjir kali Surabaya ke Kalimas, air irigrasi, air industri dan pengaturan air untuk PDAM di Ngagel serta untuk pelayaran. 

Pada tahun 1991 pintu air ini direhabilitasi oleh proyek Brantas karena pintunya yang sudah termakan usia dan pembangunannya selesai pada tahun 1993 dengan fungsi utama untuk pengendalian banjir.

Kalau Hanya Kepala yang Terlihat, Jangan Ditolong


Jika di lihat pintu air yang beroperasi selama 24 jam sehari ini akan terlihat biasa. Bangunan ini bahkan tidak luput dari munculnya cerita-cerita SERAM karena memang usianya yang sudah sejak jaman kolonial Belanda. Pintu air Jagir ini terkenal dengan KISAH SERAM  yaitu adanya Siluman Buaya Putih yang sering memakan korban.



SEREM SEJARAH PINTU AIR JAGIR
PENAMPAKKAN BUAYA PUTIH DI PINTU AIR JAGIR
siluman buaya putih sebenarnya tidak hanya berada di pintu air Jagir saja. Namun siluman ini dikatakan oleh warga sekitar Jagir berada di sepanjang sungai Jagir hingga ke muara. 

“Kalau boyo putih itu ada di Wonorejo, kalau disini ndak ada. Itu cuma mitos jaman dulu aja,” ujar Sugianto yang biasa memancing di sekitar pintu air Jagir.

SEREM SEJARAH PINTU AIR JAGIR
doc. sugianto yang sedang memancing


Sugianto menambahkan selain buaya putih ada juga penunggu lain di setiap pintu air. Biasanya warga sekitar menyebutnya Rolak Lanang dan Rolak Wedok.

Dikatakan Rolak Lanang karena penunggu atau Danyang di pintu air Jagir merupakan setan lelaki dan korban meninggal di pintu air ini kebanyakan perempuan.


ROLAK LANANG
Suasana Rolak Lanang saat siang hari.
Sedangkan dikatakan Rolak Wedok karena penunggu atau Danyang di pintu air Wonokromo seorang wanita. Korban meninggal karena tenggelam / kalap kebanyakan laki-laki

ROLAK WEDOK
Rolak Wedok yang korbannya laki-laki
Selain itu juga menurut Sugianto selaku petugas pengoperasian pintu air Wonokromo jika memang ada orang yang tenggelam di sungai sekitar sini maka harus terlihat seluruh badannya, maka akan ditolong. Namun jika hanya terlihat kepalanya saja, kemungkinan orang yang menolong akan ikut terseret kedalam sungai.

Maka dari itu baik dari pihak pintu air Jagir dan pintu air Wonokromo selalu mengingatkan warga sekitar untuk tidak mandi di pinggir sungai. Atau jika ada pengunjung yang belum pernah terlihat masuk ke daerah tersebut, para petugas akan selalu mengingatkan dan waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

AGEN JUDI ONLINE TERPERCAYA 100% AMAN

KIUKIUDOMINO

BANDAR Q

SISTEM DEPO & WD YANG CEPAT :

- MIN DEPOSIT             IDR  50.000
- MIN WITHDRAW       IDR  50.000

"PROMO DEPOSIT "
- BONUS TURNOVER 0.3%
- BONUS REFERRAL 20%
Bonus Dibagikan 2x Seminggu Setiap SELASA & SABTU

UNTUK DAFTAR  :
DAFTAR

UNTUK DOWNLOAD APLIKASI PERMAINAN
APLIKASI
untuk loginsite bisa di isi dengan kiukiudomino.me
lalu masukkan username dan password 
yang sudah di daftarkan sebelumnya :)
GAMPANGKAN... JADI TUNGGU APALAGI..??

UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHAKAN HUBUNGI KITA DI :
Pin BBM : D883CE84
No. Telp : +66616873136
Skype : KiukiuDomino@hotmail.com
LineID : Kiukiudomino
WechatID : kiukiudomino


TERIMA KASIH SALAM SUKSES ADMIN KIUKIUDOMINO


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuukk bagi teman - teman blogger yang punya cerita serem.. juga boleh kirim linknya nanti akan admin Re-post

Misteri Desa Tanpa Kasur di Sleman

     Misteri Desa Tanpa Kasur di Sleman Yogyakarta, selain terkenal sebagai kota wisata dan kota pelajar, sebenarnya juga dikenal sebaga...